Header Ads

test

Penyebab BAB Tidak Lancar

Penyebab BAB Tidak Lancar
Sembelit, konstipasi atau sulit buang air besar tidak selalu di karenakan kurangnya asupan serat dari sayur dan buah. Ada sejumlah penyebab lain yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Dan ini ada beberapa penyebab paling umum terjadinya sembelit, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Stres

Anda bisa saja mengalami masalah pencernaan akibat stres berkepanjangan. Saat stres, sistem syaraf pada usus besar juga ikut terpengaruh sehingga menyebabkan kontraksi pada perut berkurang. Hal ini mengakibatkan Anda lebih jarang merasakan keinginan untuk buang air besae dan pengeluaran racun-racun serta sisa makanan yang tidak tercerna pun terhambat.

2. Berhenti Olahraga Rutin

Orang yang rutin berolahraga, lalu berhenti melakukan rutinitasnya juga bisa mengalami susah buang air besar. Mengubah rutinitas yang telah terbiasa dialami tubuh akan memengaruhi berbagai sistem syaraf dan itu bisa membuat usus juga berubah dalam memperoses makanan. Olahraga secara rutin adalah hal baik, jadi sebaiknya jangan dihentikan karena akan lebih banyak hal negatif yang akan Anda alami. Contohnya mulai dari kegemukan hingga sembelit.

Baca juga: [Badan Sehat dengan 6 Minuman]

3. Dehidrasi

Air sangat penting agar tubuh bisa terus menjalankan fungsi organnya dengan maksimal. Kurang minum air tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja tubuh termasuk sistem pencernaan. Serat yang masuk ke dalam tubuh akan bereaksi dengan air dan membuatnya mengembang seperti jelly agar lebih mudah keluar. Jika Anda cukup makan serat tapi kurang minum air, maka serta akan sulit melewati sistem pencernaan dan akhirnya menyebabkan kontipasi. Cukuplah asupan cairan Anda setiap hari dan minimal 8 gelas per hari.

Baca juga: [Manfaat Tersembunyi dari Rajin Mengkonsumsi Sayuran]

4. Gangguan Tiroid

Jika konstipasi berlangsung cukup lama atau lebih dari 1 minggu ada baiknya Anda memeriksakannya ke dokter sepesialis penyakit dalam untuk memeriksa fungsi tiroid. Kekurangan tiroid juga bisa menyebabkan konstipaso berkepanjangan. Tiroid berfungsi melepaskan hormon-hormon yang berperan dalam sejumlah proses di dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan. Ketika kelenjar tiroid kurang aktif, maka kinerja usus bisa melemah dan melambat, mengakibatkan Anda susah buang air besar.

10 komentar:

  1. pemicu utamanya sepertinya stress, kalau normal si pasti lancar2 aja

    BalasHapus
  2. biasanya karena kekurangan air dan terlalu banyak makanan yang kurang serat...banyakin makan pisang kali ya?

    BalasHapus
  3. wahh ternyata streess juga bisa menyebabkan bab tidak lancar yahh :v hmmmm harus banyak main games inihhh biar lancar bab nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau maen game nanti lama-lama jadi males untuk kemana-mana kalau saya pribadi sama males ngapa-ngapain lagi :D

      Hapus
  4. Balasan
    1. Makan pepaya atau pisang aja tuh mas kalo BAB mulai ga lancar.

      Hapus
  5. kurang serat kayaknya juga bisa menyebapkan sulit BAB, ya ngak sih??

    BalasHapus