Header Ads

test

Makanan Penderita Liver yang Harus Diwaspadai

Makanan Penderita Liver yang Harus Diwaspadai
Perlu diketahui bahwa pola makan yang dapat memicu terjadinya penyakit liver atau radang empedu adalah jenis makanan yang mengandung banyak lemak, sehingga meningkatkan penumpukkan lemak berlebih yang pada akhirnya menjadi kristal diempedu yang mengakibatkan luka dan jika terdapat kuman maka akan menimbulkan infeksi atau radang.

Nah untuk makanan yang diperolehkan bagi penderita liver sebaiknya memilih jenis makanan dalam proses memasaknya melalui penguapan, dikukus atau di rebus. Proses memasak makanan dengan siste uap / penguapan sangat baik untuk kesehatan, baik bagi penderita liver itu sendiri juga menghindari penyakit lain seperti kanker, tumor, asam urat dan sejenisnya. Kenapa demikian sebab jenis memasak dengan proses ini akan terhindar dari lemak yang bisa memicu penyakit kolesterol yang mengakibatkan rematik dan asam urat.

[Baca juga : Dengan Yoga Dapat Mengatasi Penyakit Kronis, Benarkah?]

Penderita liver wajib menghindari jenis makanan gorengan, dibakar, diasap atau dipanggang seperti sate dan sejenisnya, sebab makanan dengan proses di asap dan di goreng tidak bisa lepas dari adanya unsur lemak, dan lemak itu sendiri bagi penderita liver akan merangsang hati untuk bekerja keras dalam kondisi sakit.

Susu bagi penderita liver merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi dengan takaran 1 liter susu setiap hari. Buah dan sayuran juga wajib dikonsumsi setiap hari bagi yang menderita sakit liver, dan idealnya mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak 1 kg perhari.

Jadi minum susu serta buah dan sayuran adalah wajib bagi penderita liver sebab buah dan  sayuran serta susu merupakan obat penyembuh sakit liver alami. Selain jenis makanan di atas makanan yang boleh dikonsumsi bagi penderita liver antara lain ayam kampung beserta telurnya, ikan laut, ikan tawar,dan kacang hijau.

[Baca juga : 7 Tanda Liver Anda Berbahaya]

Makanan apa saja yang harus di hindari bagi penderita penyakit liver ?

Jenis makanan yang harus dihindari bagi yang menderita sakit liver adalah se jenis makanan rempah-rempah yang berkhasiat pedas dan asam seperti :

-Merica
-Ketumbar
-Bawang
-Cabai
-Lengkuas
- Pala
-Cuka
-Asam jawa
-Belimbing waluh yang bisa merangsang asam lambung, sehingga hati menjadi nyeri.

[Baca juga : Penyebab Penyakit Liver]

Pantangan Makanan Bagi Penderita Liver :

  • Hindari makan buah-buahan seperti durian, nanas, nangka, dan anggur
  • Hindari daging sapi, daging kambing, dan daging ayam yang berlemak
  • Hindari makan seafood seperti udang, cumi-cumi, kepiting, dan kerang
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan bahan pengawet.

2 komentar: