Header Ads

test

Ciri-Ciri Gejala Awal Sakit Hipertensi

Ciri-Ciri Gejala Awal Sakit Hipertensi
Tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah hipertensi adalah penyakit yang umumnya dialami oleh kebanyakan orang. Penyakit hipertensi merupakan salah satu penyakit yang serius karena berdampak pada kesehatan tubuh, bahkan hiprtensi dapat menjadi penyebab munculnya beberapa penyakt serius lainnya, seperti penyakit gagal jantung, serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Ciri-ciri Gejala Penyakit Hipertensi

Banyak orang yang menganggap hipertensi atau tekanan darah tinggi sebagai penyakit yang sepele namun sebaiknya anda harus waspada karena hipertensi atau tekanan darah tinggi ini gejala yang muncul seringkali tidak terlihat dengan jelas selama bertahun-tahun bahkan hipertensi disebut sebagai silent killer yaitu penyakit yang membunuh secara diam-diam. Maka dari itu setiap orang diharapkan lebih peduli dengan kesehatannya dan melakukan pemeriksaan rutin tekanan darahnya.

[Baca juga : Atasi Darah Tinggi dengan Spirulina]

Ciri-ciri penyakit hipertensi

Ada beberapa gejala penyakit hipertensi yang timbul, sehingga seseorang bisa mengenali penyakit hipertensi sebelum penyakit ini menjadi lebih parah.

Beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Kepala sering sakit
Gejala yang lebih serius dari penyakit hipertensi yang ringan adalah sakit kepala dengan tempo yang sering dan terus-menerus bisa saja ini merupakan gejala dari darah yang naik. Karena sakit kepala ini biasanya tidak dirasakan pada hipertensi yang ringan. Anda dapat terserang sakit kepala jika tekanan darah berada di atas 180/110 mmHg.

2. Mimisan
Pada tahap awal penyakit hipertensi mimisan juga menjadi salah satu tanda yang muncul. Jika ternyata anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi kemudian muncul mimisan yang sulit dihentikan segera periksakan diri ke dokter dan melakukan konsultasi.

3. Mual dan muntah
Meskipun gejala mual dan muntah merupakan gejala umum yang terjadi pada kebanyakan penyakit namun pada penyakit hipertensi gejala mual dan muntah ini agak sedikit berbeda karena pada hipertensi atau tekanan darah tinggi mual dan muntah di sertai dengan pandangan menjadi kabur dan juga napas dengan akibat tempo yang pendek-pendek.

4. Mati rasa
Meningkatnya tekanan darah akibat hipertensi menyebabkan mati rasa atau rasa kesemutan yang bisa saja menjadi tanda awal penyakit stroke. Jika hipertensi tak bisa terkontrol maka akan berakibat pada rusaknya saraf sehingga gejala seperti ini muncul.

[Baca juga : Spirulina Multi Manfaat]

5. Titik darah pada bagian mata
Ketika anda melihat terdapat titik darah pada bagian bola mata, anda perlu waspada karena bisa saja titik darah tersebut merupakan pembekuan darah yang terjadi dikarenakan hipertensi. Sebelum anda menghilangkan titik darah tersebut cobaan minta kepada dokter untuk diperiksa tekanan darah anda.

6. Merasa pusing
Vertigo dan perasaan ringan pada kepala yang disertai perasaan pusing juga kemungkinan merupakan gejala hipertensi. Jika muncul secara tiba-tiba tanda-tanda seperti ini jangan pernah diabaikan karena jika perasaan pusing dan juga vertigi ditambah lagi dengan sulitnya berjalan dan pingsan bisa merupakan tahap awal gejala stroke.

Namun, setiap orang harus lebih waspada dan jangan menunggu adanya gejala-gejala yang muncul, karena hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya sehingga perlu diwaspadai lebih dini. Selain itu perlu diketahui juga bahwa orang yang terkena hipertensi di indonesia mencapai 31,7% yang artinya dari 3 orang biasa, 1 orang mengalami hipertensi, dan 76,1% dari penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami sakit hipertensi sehingga pengobatan agak terlambat dilakukan.

Meskipun hipertensi merupakan salah satu penyakit berbahaya tetapi penyakit ini dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan rendah garam, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, mengurangi makanan olahan dan cerdas memilih makanan yang tepat, selain itu menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Semoga dengan adanya artikel tentang ciri gejala awal orang sakit hipertensi ini bermanfaat.

18 komentar:

  1. Kalo sekiranya usah nemuin gejala segera cepat ambil tindakan ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba susi ..
      cek rutin sebulan sekali biar tau ada gejala atau tidaknya mba ..

      Hapus
  2. penyakit yang sangat berbahaya karena bersifat laten ya mbak.
    sewaktu-waktu muncul, apalagi kalau kita jarang cek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mba ..
      dengan adanya makan yang engga sehat atau gaya hidup nya engga sehat juga bisa menyebabkan penyakit ini ..

      Hapus
  3. izin follow blognya ya mbak, biar tau update terbarunya

    BalasHapus
  4. owhh gitu jadi tau abah skrng..sangat berbahaya ya teh .. mksh atuh tlh berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah mas rama sama-sama semoga bermanfaat :)

      Hapus
  5. Moga dijauhkan dari penyakit ini..

    BalasHapus
  6. ane seringnya Kepala sakit.. trus kalo kebvanyakan main komputer suka pusing2 kalo tiba2 bangun.. dan macam2lah.. ane takut sakit tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lebih baik diperiksakan dulu ke dokter mas ..

      Hapus
  7. Calon penyakit anam muda jaman sekarang yang malas bergerak dan makan junkfood. heheh

    BalasHapus
  8. utk obat hipertensi sndri apa mbk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya sih mas makanan untuk mengatasi darah tinggi itu dengan mentimun kalo engga dengan spirulina mas ..

      Hapus