Header Ads

test

Susah Tidur Berujung Penyakit. Atasi dengan Langkah Mudah Ini

Susah Tidur Berujung Penyakit. Atasi dengan Langkah Mudah Ini
Kurang tidur yang berkualitas di malam hari bisa mengganggu tak hanya kesehatan fisik tapi juga kehidupan Anda secara keseluruhan. Mulai dari menurunnya performa kerja karena mengantuk dan tubuh lemas, tergantungnya kehidupan seks, berpotensi meningkatkan risiko kegemukan dan penyakit jantung serta menimbulkan stres.

Insomnia atau kesulitan tidur di malam hari sebaiknya jangan diabaikan dan dibiarkan berlarut-larut. Jika Anda mengalami masalah sulit tidur, bisa diatasi terlebih dahulu dengan empat cara ini sebelum berobat ke dokter. Berikut ini caranya, seperti dirangkum di bawah ini.


1. Jauhkan Diri dari Suara Berisik

Suami yang mendengkur, suara kendaraan dari luar dan sebagainya akan terus membuat Anda terjaga. Ganti semua suara yang mengganggu tersebut dengan lagu-lagu yang membuat Anda nyaman. Jika tidur terganggu karena suami yang mendengkur, bicarakan pad suami kalau Anda ingin tidur di kamar terpisah sementara waktu atau ajak dia pergi ke dokter untuk mengatasi dengkurannya.

2. Relaksasi dan Meditasi

Ketika sudah berda di atas tempat tidur, cobalah teknik relaksasi ini. Gerakkan jari-jari kaki Anda sampai hitungan ketujuh dan kemudian regangkan. Ulangi kegiatan ini pada bagian kelompok otot yang bekerja dari jari-jari ke leher Anda. Bisa juga dengan latihan pernafasan atau menempatkan minyak aromaterapi di kamar untuk efek relaksasi yang membuat tidur lebih mudah terlelap. Lavender diketahui sebagai minyak esensial yang dapat menenangkan dan membuat Anda cepat tidur.

3. Rendahkan Suhu Kamar

Orang lebih mudah tertidur dan dapat tidur dengan baik dalam ruangan yang suhunya cukup dingin. Segera ataur AC Anda dalam suhu yang lebih rendah atau nyalakan kipas angin. Jika terbiasa dengan AC atau kipas angin, cobalah memakai piyama yang terbuat dari katun. Di siang hari, bukanlah jendela kamar agar udara luar bisa masuk dan memberi rasa sejuk di malam harinya.

4. Santaikan Pikiran

Saat berada di atas tempat tidur, bukan waktu yang tepat untuk merenungkan peristiwa yang terjadi seharian ini. Lebih baik Anda menulis dalam buku harian tentang hal-hal besar yang telah terjadi hari ini setidaknya dua jam sebelum tidur, jadi pikiran Anda tidak akan pusing. Tepat sebelum tidur, cobalah untuk membayangkan ketenangan, misalnya duduk di tepu pantai atau berdiri diatas gunung. Seiring berjalannya waktu jika rutinitas baru ini dilakukan secara rutin akan membantu otak Anda lebih tenang dan santai.

14 komentar:

  1. Banyak juga yang dampak dari kurang tidur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sangat berbahaya sekali bagi kesehatan kita.

      Hapus
  2. kalau aku tidurmah normal teh, tapi kalau kurang makan pasti kurang tidur hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu sebelum tidur mbak harus makan dulu supaya tidurnya nyenyak sampai pagi :D

      Hapus
  3. Saya sering mengalami susah tidur mbak dan say baru tahu ternyata susah tidur itu ujung ujungnya penyakit yahhh hiiii amit amitt dahhh moga di jauhkan :( aminn ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kalau tidak mau ada penyakit menyerang pada tubuh kita khususnya mas harus teratur dengan tidurnya hehe

      Hapus
  4. Niihh mbak saya tambah lagi http://imyonrosadi.blogspot.com/2014/10/cara-tidur-bagi-yang-susah-tidur.html

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah mbak, sy termasuk orang yg gampang tidur kalo udah nempel sama bantal hehe

    BalasHapus
  6. Hmmm, saya banget nih. Saya udah lama banget susah tidur malam. Mudah-mudahan dengan tips dari mbak Wida saya bisa mudah tidur ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin :) Mudah-mudahan ya mas kalau ada kemauan pasti dan insyalloh akan berhasil :) hehe

      Hapus
  7. Kebetulan banget saya susah tidur, kalau ada suara berisik.... semalaman bis aga tidur hehe

    BalasHapus
  8. kalo saya sendiri emang insom apa emang gr2 aktifitasnya mlem ya, kalo pg molor...
    saya coba saja tipsnya

    BalasHapus