Header Ads

test

Kenali Gejala Awal Penyakit Hati atau Liver

Kenali Gejala Awal Penyakit Hati atau Liver
Gejala awal sakit liver merupakan ciri-ciri awal terjadinya kelainan dalam tubuh seseorang sehingga fungsi organ hati dalam tubuh tidak dapat berjalan dengan sempurna. Penyakit liver atau hati merupakan penyakit yang tentunya harus ditangani dengan baik jika ciri-ciri atau gejala sakit liver muncul. Hati sebagai organ yang sangat pentinguntuk kelangsungan ekresi tubuh karena hati membantu ginjal dalam memecah senyawa-senyawa yang memiliki sifat racun. Hati menghasilkan amonia, urea dan juga asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dan juga asam amino. Tahapan-tahapan senyawa racun yang dipecah oleh hati dan dikelurkan melalui empedu dan juga feses ini dinamakan juga dengan detoksifikasi.

Ciri Penyakit Hati atau Liver

Gangguan-gangguan yang terjadi pada hati bermacam-macam seperti:
  • Sirosis
  • Hepatitis
  • Fatty Liver
  • Kanker Hati
Dan berbagai macam gangguan hati tersebut tentunya akan memiliki ciri-ciri atau gejala yang timbul akibat kerusakan hati yang terjadi, diantara gejala-gejala tersebut akan terlihat pada seseorang yang terkena kelainan pada hati adalah sebagai berikut:

1. Perubahan perut sehingga nampak terlihat buncit, hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan pada bagian bawah tulang rusuk sebelah bagian kanan bawah. Ini merupakan keluhan umum yang sering penderita gangguan hati alami. Akibat timbulnya pembengkakan ini maka kadang-kadang akan terasa sakit pada saat bernapas ini disebabkan karena memberikan tekanan berat pada diafragma.

Baca juga; [Andrographis]

2. Perubahan warna kulit, ketika seseorang terkena penyakit hati atau liver biasanya kulit dan juga mata menjadi agak kekuning-kuningan sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan penyakit kuning. Selain itu pada daerah mata bagian bawah terdapat lingkaran gelap.

3. Air seni yang memiliki warna kuning yang gelap. Selain itu salah satu ciri penderita kelainan hati atau liver lainnya adalah buang air besar yang tidak teratur misalnya tidak setiap hari.

4. Berat badan penderita kelainan hati menurun akibat berkurangnya napsu makan. Sehingga penderita mungkin akan merasakan mual dan juga animea. Selain itu pencernaan menjadi terganggu.

5. Gejala lainnya yaitu bentuk dan juga penampilan kuku yang melengkung dan juga keputihan menunjukkan masalah hati juga. Maka dari itu kita harus memperhatikan perubahan anggota tubuh luar kita.

6. Kekurangan protein sehingga tubuh akan mudah memar dan juga seringnya terjadi pendarahan pada hidung.

7. Pada penderita penyakit hati seperti sakit kepala, lemah. lesu, kejang dan juga deftersi.

8. Terjadinya masalah pada kulit seperti gatal-gatal, kulit kering, eksim dan gangguan pada bagian kulit lainnya.

9. Buang air kecil menjadi sering dan juga timbul rasa haus yang berlebihan.

10. Timbulnya bau mulut dan juga bau badan yang tidak sedap.

Diatas merupakan ciri-ciri gejala awal orang terkena penyakit hati atau liver, dengan adanya informasi yang telah diberikan semoga akan menambah wawasan kita semua dalam mengetahui gejala awal yang terjadi pada tubuh kita sebelum penyakit tersebut kronis. Selalu konsultasi dengan dokter bila ada kejanggalan-kejanggalan yang timbul pada bagian tuubh kita.

Menjaga pola makan, gaya hidup dan juga sehat rajin berolahraga merupakan sala satu langkah pencegahan dini yang sangat efektif dalam menangkal segala penyakit. Semoga artikel yang kami terbitkan hari ini bermanfaat untuk para pembaca.

8 komentar:

  1. Waduh ngeri juga ni penyakit kalo nyerang y mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya tidak terserang dengan penyakit ini, cobalah dengan mengatasinya dan atur pola hidup yang sehat mbak :)

      Hapus
  2. Bagus sis, postnya cuma bagaimana kalo sudah terserang ni penyakit ada tips alaminya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saja dengan mengkonsumsi suplemen Andrographis berfungsi untuk membantu meningkatkat kesehatan liver ma :)

      Hapus
  3. harus di keep nih tulisannya biar inget sll... :)

    BalasHapus
  4. Mengerikan sekali ya jika mengalampi penyakit ini.
    semoga saya selalu di lindungi dari berbagai macam penyakit.
    dan menjalani hidup sehat setiap harinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mudah-mudahan mas, nah supaya daya tahan tubuhnya agar tetap terjaga dan sehat konsumsi saja dengan Nat C mas :)

      Hapus