Header Ads

test

Kenali Penyebab Wanita Sering Keputihan

Penyebab Wanita Sering Keputihan
Jangan pernah menyepelakan masalah keputihan. Karenanya Anda sebaiknya kenali masalah keputihan secara dini agar tidak rugi di kemudian hari. Masalah keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum wanita. Tetapi tidak banyak wanit yang tahu apa itu keputihan dan terkadang menganggap enteng persoalan keputihan ini.

Keputihan tidak bisa dianggap enteng karena akibat dari keputihan ini bisa sangat fatal bila lambat di tangani. Keputihan atau Flour Albus merupakan suatu kondisi dimana cairan yang berlebihan keluar dari Miss V. Keputihan dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu keputihan normal (fisiologi) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan yang bukan merupakan penyakit atau keputihan normal (fisiologis) dapat saja terjdi pada setiap wanita. Biasanya cairan yang keluar bening tidak berwarna, tidak berbau atau tidak gatal. Cairan keputihan normal jumlahnya bisa sedikit atau cukup banyak, terjadi sebelum dan sesudah menstruasi pada saat terangsang secara seksual atau ketika sedang stres. Terkadang juga kita yang remaja mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga: [Penyebab Kemandula pada Pria dan Wanita]

Namun jika cairan yang keluar dari Miss V sudah tidak bening, berwarna putih kekuningan, kebauan sampai kehijauan, kental, berbau seperti telur busuk atau anyir, gatal dan jumlahnya lebih baik, besar kemungkinan keputihan tersebut sudah tidak normal.

Penyebab
Beberapa penyebab keputihan yang tidak normal disebabkan oleh infeksi, biasanya disertai rasa gatal didalam Miss V dan disekitar bibir Miss V bagian luar. Biasanya yang sering menimbulkan keputihan ini, antara lain bakteri, virus, jamur atau parasit.

Mengancam Kehidupan Seksual
Keputihan penyakit atau keputihan tak normal harus secepatnya diobati agar tidak bertambah parah, dan menjaga kemungkinan menularkan kepada pasangan seks, selain bisa bermasalah dalam proses terjadinya kehamilan.

Kenali Jenisnya
Dengan melihat seperti apa warna keputihannya, untuk praktisnya dokter dapat menduga apa jenis bibit penyakit yang menjadi penyebabnya.

Keputihan yang disebabkan oleh jamur candida albicans berwarna putih susu dan menjadi serbuk, seperti bedak kalau mengering yang disertai gatal hebat. Waspadailah karena garukan akibat rasa gatal dapat menyebabkan tambahan keluhan dan penyakit.
Akibat garukan yang keras dan berulang, bahkan bisa sampai melukai dan menimbulkan lecet-lecet pada bibir Miss V dan sekitarnya, menimbulkan tambahan keluahan dan penyakit.

Baca juga: [Mengenal Sperma dan Sel Telur]

Penyakit keputihan dapat diamati melalui warna dan aromanya. "Keputihan yang disebabkan oleh parasit trichormonas vaginalis dan ini jenis keputihan yang paling sering, biasanya berwarna kekuningan, disertai gatal berbau, selain kental pula bentuknya. Sedang keputihan yang disebabkan kuman umumnya berwarna kehijauan, sama-sama gatal dan berbau juga".
Lain penyebab keputihan, lain pula obatnya. Untuk kepastian apa penyebab keputihannya aturan medinya harus dilakukan pemeriksaan khusus.

Jika Anda merasa mengalami keputihan tak normal, ada baiknya segera periksa ke dokter untuk ditangani dengan tepat. Keputihan jenis penyakit yang dibiarkan tanpa pengobatan akan berkembang semakin hebat. Keputihan membuat suasana Miss V lebih masam. Jika dibiarkan dapat menjalar terus ke organ reproduksi.

4 komentar: