Header Ads

test

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Cara Menjaga Kesehatan Tulang
Setiap orang ingin memiliki tulang yang kuat dan sehat. Menjaga kesehatan tulang adalah penting karena tulang merupakan penopang tubuh manusia. Tanpa tulang, pastinya tubuh tidak dapat berdiri tegak.

Semakin kuat tulang maka anda akan segar dan bugar sehingga dapat melakukan berbagai aktivitas dengan mudah. Asupan makanan yang tepat disertai aktivitas fisik yang memadai sangat mempengaruhi struktur dan kekuatan tulang kita.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tulang sehat dan kuat :

- Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D
Kalsium adalah nutrisi yang paling penting dalam pembentukan tulang, dan vitamin D adalah nutrisi yang paling baik karena membantu tubuh menyerap kalsium. Konsumsi makanan yang mengandung Kalsium dan vitamin D seperti susu, keju, yoghurt, telur, almond, ikan tuna, ikan salmon, ikan lele, bayam, sawi, brokoli, pisang, jus jeruk dan sereal dapat mencegah osteoporosis dan penyakit yang berhubungan dengan tulang.
Baca juga : [Cal D Chewz Sahabat Kalsium Keluarga]
- Berjemur pada pagi hari
Sumber utama vitamin D yang mudah dan murah ditemukan berasal dari sinar matahari. Hanya dengan 10 menit berjemur diantara jam 7-9 pagi, maka anda sudah mengurangi resiko patah tulang hingga 30%.

- Tingkat aktivitas fisik
Cara lain untuk meningkatkan kekuatan tulang dapat dilakukan dengan jalan cepat, naik turun tangga, berjalan, bersepeda, senam aerobik, latihan beban memakai barbel dan sebagainya. Resiko osteoporosis jauh lebih tinggi menyerang seseorang yang endah dalam aktivitas fisiknya dibanding mereka yang selalu aktif dalam beraktivitas.
- Jangan menggunakan sepatu high heel yang berlebihan
Menggunakan sepatu berhak tinggi yang berlebihan dapat menyebabkan cedera kaki dan menyebabkan terjadinya kerapuhan di bagian tulang kaki. Perempuan memiliki resiko yang lebih besar dalam masalah kerapuhan tulang, hal ini disebabkan adanya hormon estorogen pada tubuh wanita yang menyebabkan kemampuan perempuan untuk mengalami menstruasi, kehamilan, menyusui dan menopause. Pada saat siklus tersebut terjadi, kalsium dalam tubuh perempuan akan hilang dalam jumlah banyak dan menyebabkan tulang mudah keropos lebih cepat.

- Menjaga berat badan ideal
Berat badan yang terlalu gemuk akan mengganggu kesehatan tulang karena dapat menyebabkan tumpuan yang terlalu berat di bagian betis dan sekitarnya. Untuk intu anda perlu menjaga pola makan sehat dan berolahraga secara teratur untuk membuat berat badan tetap propesional.

Garam, minuman soda, kafein, makanan manis, rokok dan alkohol adalah bahan makanan dan minuman yang tidak baik untuk tulang jika anda terlalu berlebihan mengonsumsinya.

Memiliki tulang yang kuat dan sehat merupakan investasi yang penting di kemudian hari. Dengan menjaga kesehatan tulang sejak usia muda, kesehatan tulang lebih terjaga sampai lama. Untuk itu jagalah kesehatan tulang anda mulai saat ini.

9 komentar:

  1. info yg menarik..waktu berjemurnya enagnya di pantai ya..!,..kayak bule2 ..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas, hahaha iya mas dimana aja asal berjemur tapi jangan kelamaan berjemurnya :p

      Hapus
    2. Numpang Pertamax, kata orang kalo badan kecil tulangnya relatif lebih kuat deh hehe

      Hapus
  2. ngeri juga ya dampak kalau pake high heel yang berlebihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, makanya pake sandal jepit ajah ga usah pake high heel hehehe

      Hapus
  3. Wah jadi kalo terlalu gemuk atau kurus juga pengaruhi kesehatan tulang ya teh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kalo terlalu gemuk dapat menyebabkan tumpuan yang terlalu berat ..

      Hapus
  4. Saya sedang usaha untuk tambah kalsium dlm makanan seharian..

    BalasHapus