Header Ads

test

5 Fakta Tentang Antioksidan Yang Perlu Anda Ketahui

fakta tentang antioksidan

Kita telah mendengar banyak hal seputar antioksidan, dan kita juga sudah sering menemukan kehadirannya dalam makanan yang kita konsumsi (meski tidak semuanya mengandung antioksidan). Antioksidan adalah bahan kimia yang pada dasarnya dapat meredakan radikal bebas dan fragmen molekul lain yang secara biologis dapat merusak tubuh. Penting sekali bagi kita untuk mengetahui fungsi dan manfaatnya, berikut ini adalah 5 fakta tentang antioksidan yang perlu Anda ketahui.

[Baca juga: Tips Agar Cepat Hamil]

1. Antioksidan membantu memperlambat proses oksidasi. Proses oksidasi ini dapat mempengaruhi asam lemak. Antioksidan juga hadir di dalam darah, selain ditemukan dalam makanan dan telah melewati perubahan kimiawi.

2. Vitamin E, C, selenium dan beta-karoten semuanya adalah antioksidan. Vitamin E terkandung dalam kacang mete, almond, kepiting, udang, dan ikan sedangkan jeruk, kiwi, stroberi dan brokoli merupakan sumber vitamin C terbaik. Selenium hadir dalam produk susu, daging, ikan dan sereal. Sementara beta-karoten ditemukan dalam sayuran berwarna hijau tua, buah dan sayur yang berwarna oranye. Dengan mengingat kelompok-kelompok ini maka Anda akan lebih mudah mengetahui antioksidan apa yang Anda konsumsi.

[Baca juga: Nuenat Suplemen Vitamin E]

3. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dapat menyebabkan penurunan memori seiring dengan datangnya penuaan. Memori terkait dengan fungsi otak, sementara otak sangat rentan dirusak oleh radikal bebas karena sering kekurangan antioksidan. Dengan mencukupi pasokan antioksidan, penurunan memori dapat dicegah.


4. Selain buah dan sayuran, ada berbagai sumber antioksidan yang tidak terduga seperti kuning telur, beras merah, gandum, kopi, oatmeal dan dark chocolate.

[Baca juga: Suplemen Peningkat Gairah untuk Pria Zeman SX]

5. Anda pasti sudah pernah mendengar, bahwa minuman jus kemasan dan sereal mengandung banyak antioksidan. Sayangnya itu tidak sepenuhnya benar. Karena begitu Anda membuka kemasan, bentuk antioksidan akan segera berubah.

29 komentar:

  1. Semakin banyak kita tahu tentang antisosidan maka semakin banyak pula kita mengetahui bentuk dan fungsinya ya Mba. terimakasih atas informasi.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak indra, antioksidan juga penting bagi kesehatan karena memberikan banyak manfaat yang tidak terbatas :)

      Hapus
    2. kalau saya justru sebaliknya dengan kang Indra, semakin banyak tahu tentang antioksidan malahan jadi nerpes dan ngeri...kenapa bisa begitu ya?

      Selamat Lebaran yah.
      Mohon maaf lahir batin

      Hapus
    3. karena ilmu pengetahuan membuat segalanya terlihat mengerikan :)

      iya sama-sama kang lembu
      minail aidin wal faidin

      Hapus
  2. kalau jaman sekarang sulit cari makanan yg tanpa bahan kimia yambak

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus masak sendiri kayaknya, supaya bisa menghindari MSG :D

      Hapus
  3. mmm...berarti mungkin semakin umur bertambah tua, semakin banyak juga anti oksidan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh ya teh ??
    mungkin mulai sekarang saya harus merubah kebiasaan atau pola hidup saya utamanya mengenai makanan, karena pilih2 dan tidak suka sayuran :D bisa parah ni ya akibatnya dimasa tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang banget kalo sampe ga suka makan sayur, soalnya di dalam sayuran banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

      Hapus
  4. wah banyak juga kegunaan antioksidan yah, harus banyak makna sayuran yang mengandung antioksidan

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain sayuran, antioksidan juga bisa ditemukan dalam buah, dan beberapa makanan yang sebutkan di atas :)

      Hapus
  5. Baru tau di Kuning ketur ada anti oksidannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya. khusus ibu hamil, ga boleh makan telur setengah mateng untuk menghindari bakteri salmonella yg membahayakan janin.

      Hapus
  6. wah saya baru tau ini, jus buah yang dijual dalam kemasan yang bergam ternyata antioksidannya hilang yah mba ketika kemasannya dibuka, makasih deh ilmunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas sama-sama, senang bisa berbagi.. saya pun sebelum mengetahui hal ini, seringnya mengandalkan antioksidan dari minuman kemasan :)

      Hapus
  7. Oatmeal ya Oatmeal. Saya suka dengan cemilan Oameal ini. Kadang disantapnya dengan menambahkan selai, atau juga daging kornet. Saya suka gandum ganduman seperti ini. Hiehiehiehiee Oh ya thanks atas informasinya ya mba. Oh ya Mba Add lagi PIN BB saya ya di nomor 7DD940F1 Yang kemarin itu kena INSTALL ulang BB nya jadi ilang semua. DI add ya mba. HIhihihihihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke pak asep saya invite.. maaf belum sempat kunjungi balik karena koneksi di tempat saya baru pulih. kemarin-kemarin gak kuat blogwalking :)

      Hapus
  8. antioksidan memang sangat penting yah mbak Elsa agar tubuh kita terbebas dari penyakit, makasih sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas eka, biar gak gampang sakit.. sama-sama terimakasih kunjungannya.

      Hapus
  9. Kami sekeluarga di Pontianak, Kalimantan Barat mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriah buat mba sekeluarga

    Juga ucapan seruppa ditujukann buat semua Sahabat Blogger di seluruh Indonesia dan di luar negeri serta di mana saja berada.

    Minal Aidzin WalFaidzin
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    Dari :
    Asep Haryono
    Rudi Maryati
    Abbie Muhammad Furqan Haryono
    Tazkia Montessori Putri Haryono

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama pak asep :)
      mohon maaf lahir dan batin

      Hapus
  10. iya mas uda sama-sama
    semoga bermanfaat informasi yang saya bagikan :)

    BalasHapus
  11. kalo minum teh hijau yg botolan itu gmana mbak? antioksidan'a tinggi ga sih? saya tiap hari beraktivitas kalo pagi lewat jalan yg banyak polusi dan debu tapi saya juga sering di dalam ruangan ber ac, it gana ya mbak apa banyak radikal bebas'a :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mas, teh hijau botolan biasanya mengklaim mengandung banyak antioksidan. memang ada benarnya, tapi setelah kita membuka kemasan, bentuk antioksidan yang terkandung di dalamnya tidak lagi sama. untuk mendapatkan teh hijau secara optimal saya lebih menyarankan teh hijau berupa teh celup.

      Hapus
  12. Terima kasih untuk infonya mba dewi....

    BalasHapus
  13. Woaaaa............ artikel keren .
    BAnyak info tentang fakta anti oksidan yang aku belum tahu.
    Thanks sharingnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mba astri atas kunjungan dan komentarnya

      Hapus
  14. wah menambah ilmu nih tentang antiolsidan supaya kesehatan kita tetap terus terjaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali, terimkasih sudah berkunjung..

      Hapus