Header Ads

test

3 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Serat

3 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Serat
Sudah bukan rahasia lagi kalau makanan berserat dapat membantu Anda kenyang lebih lama dan tetap langsing. Tapi meskipun informasi tersedia di luar sana, banyak orang masih kekurangan serat. Menurut Keri Gans, seorang ahli gizi di New York dan penulis buku The Small Change Diet, perempuan harusnya mendapatkan serat 25 gram sehari. Pada kenyataannya, perempuan hanya mendapatkan 15 gram saja. Bagaimana caranya mengetahui Anda kekurangan serat? Cek tanda-tanda ini.

Anda tidak pergi ke kamar dalam sehari. Kebanyakan orang beranggapan bahwa sembelit hanyalah gejala ketika tubuh Anda kekurangan serat. Padahal sembelit adalah tanda yang paling harus diperhatikan, bahwa tubuh Anda sedang krisis serat, benar-benar membutuhkan serat.

Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kolesterol dan serat dapat dihubungkan oleh sebuan penelitian yang membuktikan bahwa serat dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Serat dapat melewati seluruh tubuh Anda, yang membuat kolesterol pergi meninggalkan tubuh Anda. Jadi jika Anda tidak memenuhi kebutuhan serat sama saja Anda tidak memberi kesempatan kolesterol untuk pergi.

Anda merasa lapar 45 menit hingga 1 jam setelah makan. Serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, jika Anda merasa lapar terlalu cepat setelah sarapan atau makan siang, berati makanan yang Anda makan tidak memberikan cukup serat. Sekalipun Anda sudah memakan 2 butir telur, Anda tetap harus memasangkannya dengan roti gandum untuk menyeimbangkan protein dan serat.

30 komentar:

  1. makanan yang kaya akan serat apa aja ya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayuran dan buah-buahan hampir semuanya mengandung serat, roti gandung juga.

      Hapus
    2. kebetulan saya paling suka sayuran sama buah2 an :)

      Hapus
    3. sayuran itu idealnya dimasukan ke dalam menu harian karena kalo kita merasa kenyang lebih lama jadi gampang konsenstrasi, pengalaman saya :D

      Hapus
  2. alhamdulillah...kebutuhan serat saya terpenuhi setiap hari :)

    BalasHapus
  3. kalau saya mungkin seringnya mengalami yg no 1, harus lebih diperhatikan lagi ni makannya, harus lebih banyak makan serat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas jery kalo dalam sehari nggak bab tandanya kurang serat.

      Hapus
  4. Iya aku sering juga tuh merasa lapar padahal sudah habis makan.
    Aku makannya sih sedikit lho padahal .. tapi yang kelihatan :D

    BalasHapus
  5. Saya pun merasa beberapa bulan terakhir ini kebanyakan mengkonsumsi daging dagingan dan kurang sayur mayur. Mungkin karena rasanya yang enak ya jadi suka senang banged sama yang namanya daging dagingan jadi kurang mengkonsumsi Serat. Kebutuhan SERAT sepertinya saya mau nya prakmatis aja dengan meminum serat instant yang banyak dijual di toko toko. Makasih sudah mengingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya baru tau kalau serat sudah tersedia dalam bentuk kemasan, itu bisa menjadi alternatif bagi yang tidak sempat mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. tapi kalau bisa tetap usahakan buah dan sayuran pak asep :)

      Hapus
  6. jarang cek ke dokter nih,, makasih infonya elsa :)

    BalasHapus
  7. pemilihan makanan yang mengandung serat bagi kami orang kampung, rada rumit, apalahi kalo kudu telor dikolaborasikan dengan gandum...wong liat gandum ajah juga belom pernah..gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan terlalu merendah begitu kang, hehehe, justru penduduk di perkampungan lebih mudah mendapatkan sumber makanan alami ketimbang orang kota yang semuanya serba instan tapi rentan kolesterol. yang penting buah dan sayur tiap hari, pasti cukup serat! :D

      Hapus
  8. poin pertama yg aku ketahui
    tidak ke kamar mandi seharian bisa KO tubuh ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibilang sembelit pemicu perut buncit mas jadi bawaannya gak nyaman aja kalo saya.

      Hapus
  9. Hebat juga yang namanya serat bisa mengusir kolestrol...kalau begitu sangat penting sekali yang namanya serat itu,,,,apalgi buat anak kos selain bisa membuat kenyang lebih lama juga untuk membantu mengusir kolestrol ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kebanyakan anak kos di tempat tinggal saya lebih sering konsumsi mie instan, jadi prihatin saya. mana ada gizinya.

      Hapus
  10. Yang ketiga Mb...merasa lapar..padahal barusan makan (itu kalau ada teman yang mau traktir)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja mba anggun, itu naluri ingin ditraktirnya udah peka makanya mendadak lapar :D

      Hapus
  11. serat memang penting banget yah mbak Elsa, harus sering-sering nih makan serat biar sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas anthonie, serat sangat penting bagi kesehatan maka dari itu harus dipenuhi.

      Hapus
  12. serat merupakan komponen penting bagi tubuh, jadi kita harus mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas serat ini memang memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh terutama melancarkan pencernaan.

      Hapus
  13. penting banget tuh serat biar ga susah BAB hehe

    BalasHapus
  14. beruntung sekali di rumah saya tak kurang makanan sayur, memang tak setiap hari tapi setidaknya menurut saya mencukup serat buat tubuh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, konsumsi buah dan sayuran setiap hari dapat mencegah kolesterol tinggi.

      Hapus