Header Ads

test

Kebiasaan yang Mengancam Kesehatan Tulang

Kebiasaan yang Mengancam Kesehatan Tulang
Tanpa sadar kita kerap melakukan berbagai hal yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. Beberapa yang paling sering, Berhubungan dengan gaya hidup, seperti merokok, minum minuman beralkohol atau menyantap makanan siap saji.

Padahal, bila dilakukan dalam jangka waktu panjang kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa berakibat fatal. Apalagi bila berhubungan dengan tulang. Terdapat banyak kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari, yang sebenarnya bisa mengancam kesehatan tulang.

Inilah kebiasaan yang mengancam kesehatan tulang berikut ini :

Hak Tinggi

Wanita memang menyukai tipe sepatu ini. Selain membuat kaki terlihat lebih jenjang, sepatu hak tinggi juga diasosiasikan dengan gaya seksi. Namun, sisi negatifnya sepatu hak tinggi menambah beban kaki dalam menopang tubuh. Teorinya semakin tinggi sepatu beban kaki semakin bertambah. Imbasnya, tulang lutut semakin cepat keropos. Oleh karena itu kurangi pemakaian hak tinggi atau kurangi tinggi hak sepatu anda. Hak setinggi 4cm dengan diameter lebar dianggap sebagai yang paling ideal.

Tas Berat

Memiliki tas besar yang bisa membuat berbagai macam keperluan memang praktis. Tapi akibatnya, beban yang disangga pundak juga semakin berat. Hal itu, tentu saja berimbas pada tingkat kepadatan tulang pundak dan punggung. Terlebih jika anda punya kebiasaan menyandang tas disatu sisi pundak saja. Sebaiknya kurangi beban tas anda atau seimbangkan beban berat tas anda dengan menggunakan ransel yang disangga dikedua sisi pundak.

Menyilangkan Kaki

Duduk sembari menyilangkan kaki memang lebih nyaman selain itu bagi wanita sikap duduk ini dianggap seksi. Tapi, menyilangkan kaki terutama jika dilakukan dalam jangka waktu lama akan menambah beban lutut di salah satu kaki. Hal ini menyebabkan percepatan pengeroposan tulang yang tidak merata pada salah satu kaki.

Merokok dan Minuman Beralkohol

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa rokok dan minuman beralkohol berbahaya bagi kesehatan, termasuk juga bagi tulang. Kedua kebiasaan tersebut bisa mempercepat pengeroposan tulang terutama bagi wanita.

Lalu bagai mana cara mengatasi kebiasaan buruk tersebut agar tulang tetap sehat? Mudah saja, berilah ke gaya hidup sehat dan rajin -rajin "menabung" kalsium yang merupakan makanan utama agar tulang tetap sehatdan padat. Kalsium banyak terkandung dalam produksi susu, termasuk diantaranya yoghurt dan keju, begitu juga dengan sayuran seperti brokoli, sawi, dan wortel. Lainnya adalah kacang-kacangan, sereal, serta produk olahan kacang termasuk tahu dan tempe.

8 komentar:

  1. wahh ternyataa roko pun selain bahaya bgi jantung,,dampak lainnya bahaya terhadap tulang juga ya ,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, kalo sering merokok lebih baik di kurangi mas biar engga mengancam kesehatan tulang hehe
      terimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  2. Untung saya nggak pake hak tinggi mbak, saya suka pake sandal jepit hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya lah orang mas imron cowo masa mau pake hak tinggi :p

      Hapus
  3. Berarti segala sesuatu yang memberi beban pada kaki juga membuat tulang cepat keropos, ya.

    BalasHapus
  4. saya sering bawa tas berat :o

    - ikhsan.us

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya mas ...
      terimakasih kunjungannya :)

      Hapus