Header Ads

test

Cara Sederhana Atasi Keputihan

Cara Sederhana Atasi Keputihan
Keputihan merupakan hal yang normal walau anda seringkali di buat tak nyaman karenanya. Keputihan disebabkan adanya infeksi oleh jamur. Lalu bagaimana caranya mengatasinya?

Keputihan disebabkan oleh infeksi jamur atau ragi pada miss V. Kondisi ini menyebabkan daerah kewanitaan menjadi bau, keluar cairan berwarna putih kekuningan, gatal, rasa terbakar bahkan hingga menjadi bengkak. Jika kondisinya sudah parah bisa membuat orang tersebut sulit berjalan, serta sakit saat buang air kecil atau melakukan seks.

[Baca juga :Kenapa Keputihan Pada Wanita Jadi Bau?]

Sebenarnya setiap orang memiliki jamur candida dalam jumlah kecil di mulut miss V, saluran pencernaan dan kulit. Pada orang yang sehat, bakteri ini bersifat ramah dan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat mencegah terjadinya infeksi,

Namun, kekebalan tubuhnya rusak atau sedang lemah maka akan lebih mudah bagi jamur candida untuk tumbuh dan menimbulkan penyakit. Pengguna obat-obatan tertentu seperti antibiotik, steroid dan kontrasepsi oral dapat mengubah organisme alami yang ada di miss V.

Faktor lain yang bisa memicu keputihan adalah penyakit diabetes, kehamilan, pengguna antihistamin, stres, menggunakan celana yang ketat sehingga menyebabkan kondisi lembab, serta bahan-bahan kimia yang terkandung di sabun atau detergen.

[Baca juga :Terlalu Banyak Olahraga Bisa Buat Wanita Telat Haid]

Salah satu cara untuk mencegah keputihan adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun ada banyak cara lain yang lebih sederhana untuk mencegah keputihan terjadi.

1. Menghindari penggunaan cairan pembersih miss V
Cairan ini dapat mengubah tingkat keasaman normal miss V sehingga meningkatkan risiko infeksi serta menimbulkan peradangan.

2. Menghindari penggunaan pakaian atau celana yang ketat
Memakai celana ketat dapat menghalangi aliran udara, sebaiknya gunakanpakaian dari bahan katun.

3. Membilas missV dari arah depan ke belakang untuk menghindari masuknya kuman.

4. Biasakan untuk meringankan bagian luar mis V dengan menggunakan tisu lap handuk bersih setelah buang air kecil atau besar

[Baca juga :Sehat Wanita Untuk Keputihan]

5. Menghindari penggunaan pantyliner beraroma atau secara terus menerus setiap hari, karena dapat menyebabkan iritasi.

6. Mengurangi konsumsi gula dan alkohol, karena dapat membantu perkembangan dari jamur candida.

7. Mengonsumsi bawang putih, karena bawang putih memiliki kandungan anti jamur alami.

8. Mengonsumsi susu atau yoghurt karena susu atau yoghurt mengandung bakteri acidophilus yang membantu menjaga bakteri tetap seimbang.

8 komentar:

  1. Balasan
    1. hehe iya mas ..terimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  2. untuk pencegahannya sudah lengkap tuh mbak. Satu lagi saya tambahin, ganti CD sehari 2 kali untuk pencegahan biar gak lembab, terlebih lagi halangan. Kalau keputihannya parah segera kunjungi dokter kandungan mencegah masalah lebih lanjut. Nice share mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe terimakasih tambahannya mas ..hihi udah pasti lah mas harus ganti CD :) iya terimakasih mas..

      Hapus
  3. Kalo artikelnya kek gini, aku harus berbuat apa nih mbak? Hehehe

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat ni artikel nya buat para kaum wanita

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mas arie :)
      terimakasih kunjungannya.

      Hapus