Header Ads

test

Ibu Menyusui Bolehkah Minum Suplemen Kulit?



"Mbak, suplemen pemutih ini aman gak diminum busui?"

Itulah salah satu pertanyaan calon pembeli yang paling sering saya temui. Bukan hanya Glow Enhanz saja yang ditanyakan, tapi suplemen kulit lainnya seperti Pynocare juga banyak. Sebenarnya semua produk untuk kulit mau itu cream atau yang berbentuk suplemen, setau saya gak ada tuh yang mengklaim aman dipakai ibu hamil dan menyusui. Jadi semuanya kembali ke diri masing-masing. Mau tetap merawat kulit, atau lebih mementingkan kebutuhan anaknya?

Skincare Ibu Menyusui


Dalam memilih skincare yang aman, lebih susah ketika hamil. Pasalnya beberapa kandungan di dalam kosmetik ada yang membahayakan janin seperti zat merkuri. Tetapi kalau saya sewaktu hamil dulu, mungkin karena bawaannya malas gerak bawa-bawa perut gede, jadinya cuma pakai sedikit produk yaitu pencuci dan pelembab saja. Soal merk apa yang aman, menurut saya apa pun boleh asalkan jangan produk abal-abal. Jangan beli cream racikan dari online shop! 

Kalau sudah melahirkan, pada tahap ini kita bisa bernapas lega karena tidak perlu terlalu khawatir memilih skincare. Bernapas lega saja dulu, walaupun si kecil yang baru lahir sedikit-sedikit menyusu. Selama perawatan yang kita gunakan tidak dioleskan ke payudara, ibu menyusui boleh-boleh saja menggunakan cream. Kecuali untuk minyak zaitun yang memang dapat membantu merangsang produksi air susu apabila dipijatkan ke payudara, dengan catatan harus dibilas setelahnya. Perawatan luar yang digunakan ibu menyusui tidak akan terlalu berpengaruh ke ASI, masalahnya ada pada waktu. Apakah sempat kita menggunakan skincare berlapis-lapis ala korea dengan banyak tahapan jika anak full ASI? Tidak mungkin. 

Kalau skincare expert menggunakan first cleansing - second cleansing (face wash) - toner - eye cream - essence/serum - lotion - face cream - sunblock, saya yang saat ini sedang menyusui hanya memakai face wash, eye cream, dan face cream saja. Walaupun di laci meja kamar saya punya persediaan kesemuanya itu, tapi tidak saya gunakan setiap hari. First cleansing saya punya micellar water, hanya digunakan menghapus make up waterproof (eyeliner, mascara, area bibir) saja. Sisanya toner, serum, lotion, dan sunblock hanya dipakai sesekali ketika sempat. 


Tentang Boleh atau Tidaknya Suplemen Kulit Diminum Ibu Menyusui


Saat artikel ini ditulis saya sedang menyusui anak berusia 15 bulan. Saya pernah memeriksakan kondisi tubuh saya ke suatu klinik kecantikan tetapi pemeriksaan saya lebih mengarah pada kondisi kesehatan karena kebetulan dokter yang praktek disana adalah dokter umum bukan spesialis kulit. Dari hasil pemeriksaan saya mengalami anemia. Dokter memperbolehkan saya mengkonsumsi suplemen kulit asalkan saya tetap rutin meminum vitamin penambah darah. Suplemen kulit yang saya konsumsi saat ini bukan dari dokter itu tetapi suplemen yang memang saya jual sendiri, yaitu Glow Enhanz. Tujuan saya mengkonsumsi Glow Enhanz selain untuk mencerahkan kulit saya yang sudah kusam karena sudah lama tidak terawat, juga untuk menghilangkan strecthmarks bekas hamil. Sedangkan vitamin penambah darah juga merupakan produk jualan saya sendiri yaitu Ferrovit Plus. Kelebihan Ferrovit Plus dibanding suplemen penambah darah lain adalah mengandung Ferrous Fumarate, jenis zat besi yang paling minim dalam mengiritasi lambung. Karena obat saya bawa sendiri maka saya hanya membayar biaya konsultasi yang terhitung murah berhubung saya sudah punya kartu member di klinik itu. 

Di samping itu, saya juga diharuskan meminum susu khusus menyusui. Ditambah lagi saya minum pil kb laktasi karena ini kontrasepsi yang aman untuk penderita anemia. Pertama-pertama saya minum penambah darah Ferrovit setiap pagi hari selesai sarapan, jam 7 malam saya minum pil kb laktasi, sebelum tidur minum susu menyusui. Setelah kadar darah saya normal saya kurangi dosis Ferrovit jadi 3 hari sekali 1 kapsul. Di sela-sela itu saya ganti dengan Glow Enhanz. Susu dan pil kb tetap berjalan pada jadwalnya. Namun kebiasaan saya yang suka ngopi tiap pagi, kadang membuat saya harus menunggu 2 jam kemudian untuk minum suplemen.

Kesimpulannya, jika Anda sedang menyusui dan ingin mengkonsumsi suplemen kulit, bertanyalah kepada dokter atau ahli medis yang memeriksa kondisi Anda secara langsung. Karena kondisi tiap ibu berbeda-beda, belum tentu semua ibu menyusui diperbolehkan. 

2 komentar:

  1. Awal2 agak bingung baca judulnya suplemen kulit. Suplemen kulit itu yang seperti apa. Setelah baca artikelnya, owalah.. ternyata itu, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. suplemen kulit maksudnya multivitamin berbentuk kapsul untuk perawatan kulit dari dalam kak, kalo ibu menyusui kan harus dengan pengawasan dokter :)

      Hapus