Header Ads

test

Akhirnya Blog Saya Pakai Template Arlina Design

Jujur nih ya selama ini saya malas ngeblog karena belum nemu template yang pas. Template yang sebelumnya saya pakai itu karena terpaksa, gak ada pilihan lain, cuma template itu yang pratinjau artikelnya gak eror saat dibagikan ke sosial media. Habisnya kalau mau nyari-nyari template makan waktu lama bisa-bisa gak sempet ngoptimasi artikel dah.

Tetapi waktu hari Senin kemarin saya maksain posting karena kebetulan lagi ada ide. Sayang dong, kalau ada ide cuma dibiarin aja. Akhirnya saya pun menulis artikel yang bersinggungan dengan artis Park Min Young tetap awet muda di usia 30 tahun. Saya juga membagikan tips merawat kulit agar selalu tampil cantik seperti Park disini: Tua itu Pasti Awet Muda adalah Pilihan.

Ok kembali ke topik, setelah menerbitkan artikel saya kemudian melakukan blogwalking untuk mendapatkan penayangan. Saat saya mengunjungi blog orang lain itulah saya menemukan template buatan Arlina Design. Setelah melakukan beberapa kali pratinjau saya pun mantap menggunakan template ini yang diberi nama Simplify Responsive Blogger Template. Selain pratinjau gak eror saat dibagikan ke sosmed, inilah beberapa kelebihannya.


Yang saya suka dari Arlina Design:


1. Secara keseluruhan tampilan blog jadi keliatan sederhana dan tidak lebay.



I love minimalist. Hehe.

2. Header bisa memuat banyak elemen dengan memaksimalkan sedikit lahan.



Saya nggak suka kalau header besar cuma bisa memuat judul blog dan deskripsi kesannya boros lahan, karena toh pengunjung juga jarang melototin header lama-lama yang mereka butuhkan itu isi artikelnya. Saya sukanya kayak gini, lahan sempit bisa memuat banyak elemen. Di bagian paling atas sebelah kiri ada Top Menu, dimana saya bisa memasang akses ke beberapa halaman penting. Disini saya pasang url ke halaman Tentang, Kontak, Return dan Testimoni karena saya ingin semua orang tahu bahwa saya berjualan.

Di kanan atas juga ada beberapa ikon sosial media dimana saya bisa memasang link ke akun saya langsung. Jaman sekarang gituh, blog tanpa sosial media bagaikan sayur tanpa garam. 

Judul blog dan deskripsi blog tidak memakan banyak tempat, masih bisa disejajarkan dengan Menu Kategori. Meski artikel produk di blog ini masih berantakan karena belum dikelompokkan sesuai manufaktur-nya, tetapi keberadaan Kategori ini dirasakan cukup membantu karena tidak memakan banyak tempat walaupun mungkin pada tampilan mobile dengan layar lebih kecil menu ini disederhanakan.

3. Font-nya enak dibaca, nggak bikin sakit mata.


Hari gini masih ngedit html demi mengubah jenis dan ukuran font? Aduh, nyita waktu! 

Memang sih bagi sebagian blogger yang udah mahir, mengandalkan font bawaan template saja nggak cukup. Tetapi buat saya yang tiap harinya berkutat dengan urusan keuangan, ketika tiba waktunya ngeblog saya nggak mau direpotkan dengan hal seputar html karena akan membunuh waktu saya yang harus digunakan untuk menulis artikel dan blogwalking. 

Template ini memiliki font dengan ukuran dan warna yang pas menurut saya, sehingga dapat mendukung kenyamanan mata pengunjung saat membaca artikel.

4. Di bawah artikel, ada tombol share ke Google+, Facebook, dan Twitter. 


Sudah banyak template yang disertai tombol share pada bagian bawah artikel, tetapi kalau sosial media yang dicantumkan terlalu banyak, malah akan sia-sia karena belum tentu semuanya digunakan. Kalau tombol share kebanyakan berarti saya harus menghapus sebagian lagi yang tidak dibutuhkan atau pasrah saja dibiarin. Tetapi dengan template ini tombol share bisa langsung pakai dan tidak perlu diedit lagi. Cukup tiga sosmed teratas sajalah, Google+, Facebook, dan Twitter. 

5. Di bawah artikel, ada kolom pencarian dan widget Artikel Terkait dengan Thumbnail tanpa memotong Judul Artikel.



Setelah pembaca selesai membaca artikel masih ada kemungkinan mengklik artikel lain berkat widget Artikel Terkait, kelebihannya gambar Thumbnail keliatan lebih bagus nggak ketarik-tarik, judul artikel juga nggak terpotong sehingga memungkinkan pembaca untuk membuka halaman lain.

Apabila 6 artikel terkait yang ditawarkan nggak ada yang diminati, masih ada kolom pencarian di bawah postingan sehingga pembaca bisa meneruskan rasa penasaran dengan mencari informasi sendiri. Walaupun kolom pencarian sudah tersedia di sidebar kanan atas, tapi tetap saja pembaca akan menggunakan fasilitas yang lebih dekat.

6. Masih di bawah artikel, ada kolom About Author! 


Nah ini nih yang saya cari. Saya tuh udah berkali-kali gagal pasang html buat bikin beginian, tetapi sekarang sudah otomatis ada. Kalau di bawah artikel ada kolom About Author kesannya tuh keren karena penulis diberi kesempatan untuk menampakkan diri di setiap penayangan artikel. 

Kalau kalian jeli di artikel-artikel terdahulu ada yang penulisnya Wida Zee dan fotonya juga sudah otomatis foto dia. 

Pengennya sih, kolom ini diisi 3 kalimat perkenalan tentang saya tetapi karena masih bingung jadi ya sudahlah saya biarkan kosong. Yang penting ada penampakan foto saya sewaktu masih muda huahaha.

Kalau ditulis kayak gini rasanya geli juga.
"Penikmat Tiramisu Latte, Pecinta Ramen, Penggila Hello Kitty."

Atau ada saran lain gak dari teman-teman?

7. Pada Komentar, sudah terpasang emoticon dan ini berfungsi lho.



Interaksi akan lebih seru dengan emoticon, setuju? Bagi yang berkunjung ke blog ini, selamat menikmati fasilitas emoticon ya..

8. Sejak saya pakai Template Arlina Design, penayangan blog ini naik drastis.



Seharusnya point ini saya taruh paling atas tetapi karena saya baru menyadarinya terakhir, jadi saya bahas terakhir sebagai bonusnya. Memang dari awal saya ngggak terlalu menginginkan penayangan karena toh saya juga blogwalking gak tiap hari. Biasanya penayangan blog saya cuma berkisar 700-800 per hari tetapi sejak pakai template ini sampai sekarang penayangan naik drastis jadi 2000-an. Berarti template ini loading-nya ringan banget dari template sebelumnya.

Saya menggunakan Simplify Responsive Template Blogger versi gratis. Bagi Anda yang menginginkan full support dari creator Arline Design, bisa membeli versi premium dengan harga 50.000 saja. Silakan kunjungi www.arlinadzgn.com untuk keterangan lebih lanjut. 

44 komentar:

  1. wah ini support SEO banget ya kak, aku djuga mau dong hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kunjungi www.arlinadzgn.com untuk mendapatkan template. (o)

      Hapus
  2. enteng juga loadnya. Bagus lah template ini

    BalasHapus
  3. Saya baru tahu kalau template juga mempengaruhi penanyangan mba :-) itu point utama memang benar pakai template ini begitu simple dan ringan serta tidak lebay juga :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga baru nyadar penayangan naik drastisnya terakhir, sampai sekarang masih 2000-an per hari.

      Hapus
  4. wah templatenya responsif, ada fotonya lagi ya di kolom about author.

    selamat blogging dengan template baru ya mba :)

    BalasHapus
  5. Wah, iya lho, simpel dan cepet loading.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena loading ringan jadi berpengaruh ke penayangan.

      Hapus
  6. Blog yg terakhir aku bikin ini belum pernah ganti template. Masih repot urusan teratur posting & ningkatin kualitas artikel. Suatu saat perlu deh ganti template, biar optimal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalau sengaja nyari-nyari template emang bikin kesel karena ngabisin banyak waktu, tetapi kalau template seadanya kadang orang pada malas baca tulisan kita sekalipun topiknya menarik.

      Hapus
  7. Asyikk ya ada emoticon juga. Hiihi. Selamat ya mba punya rumah' baru :)

    BalasHapus
  8. temenku banyak juga yang arlina design, simple mbak, dan loading memang cepat ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu salah satu kelebihannya mbak. Makanya banyak blogger yang pakai.

      Hapus
  9. jadi pengen coba, makasih yaa mbak :D

    BalasHapus
  10. Dengan menggunakan template yang responsive dan enak dipandang juga dibaca tentu sangat menguntungkan sekali ya mbak terutama untuk pemilik blog dan untuk pengunjung tentunya karena dengan tampilan yang muantappp seperti ini pasti bikin betah dan ingin selalu berada lama atau berkunjung lagi kesini karena desainnya yang simpel tidak rumit dan juga betul mbak tidak bikin sakit mata karena tulisannya yang terlalu kecil dan itu kalau kelamaan dibaca bisa menyebabkan sakit mata juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tulisan terlalu kecil sebenarnya bisa diedit dari html tetapi untuk saya yang malas udat edit lebih suka template yang sudah jadi terutama yang font-nya enak dibaca, mudah-mudahan ke pengunjung jadi betah baca lama-lama hehe. :D

      Hapus
  11. Eih, murah ya, 50 rb.
    Btw, saya mau nyoba emoticonnya 8-) hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata harga template premium buatan lokal kisaran segitu.

      Hapus
  12. Bener banget, setuju 👌... Arlina emang mantep, kelebihan nya simple & responsive...
    Saya juga pake & masih dalam proses pengembangan, biar tampilan nya sesuai dengan tema blog,,, tetep di footers saya menampilkan arlina :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau link arlina di footer mau dihilangkan bisa pakai versi premium, saya ada rencana upgrade tetapi masih mempertimbangkan kelemahannya hehe :D

      Hapus
  13. Makin betah nih pengunjung jalan-jalannya :)
    Salam kenal :)

    BalasHapus
  14. Jadi pengen mencoba nih mbak, saya juga kesulitan mencari template blog yang ringan loadingnya... Selama ini traffic blog selalu dikisaran 400 an dan gak bisa lebih, mungkin berat kali ya loadingnya.... TFS ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak, sekalipun konten artikelnya menarik, kalau template berat jumlah penayangan jadi susah naik.

      Hapus
  15. wah jadi tampak elegan nih blognya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang selera orang beda-beda tapi kalau saya sih cuma butuh warna putih aja biar simple :D

      Hapus
  16. Makasi infonya mbak +Dewi Elsawati , sy jadi tertarik juga ama template ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, kalau mau hasil yang memuaskan bisa pakai yang versi premium :)

      Hapus
  17. punya saya juga dari arlina design mba.. emang enak banget pakenya, gak overload

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas memang template Arline Design ini bawaannya ringan

      Hapus
  18. template berkah, ganti template biasanya justru akan menurunkan pengunjung, eh ini malah naik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di awal-awal ganti biasanya trafik nurun dulu tapi kesananya naik mas

      Hapus
  19. Saya juga suka yang clean. Tapi karena blog personal, jadi saya bener-bener cari yang klop sama hati. Kurang paham sih kalau template bisa mempengaruhi traffic.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau template nya ringan dan font enak dibaca, pengunjung akan semakin betah berlama-lama membaca artikel dan ini bagus untuk trafik.

      Hapus
  20. Iya...font nya enak dibaca. Pas ga terlalu kecil. Sukses yaa ngeblognya.

    BalasHapus
  21. Kak maaf menggangu. Pernah ngalamin navigation menu error ga bsa d klik pda vrsi mobile kak. Apakah ada solusinya? Sayang sekali jika ganti tmplate trua

    BalasHapus