Header Ads

test

Lakukan 4 Cara Ini Agar Cepat Pulih Pasca Melahirkan


Setiap perempuan pasti pernah merasakan hamil dan melahirkan. Meski keduanya bukan hal yang ringan, namun bisa mendatangkan kebahagiaan tersendiri terlebih lagi jika dikaruniai bayi yang sehat. Saya adalah seorang ibu yang baru saja melahirkan anak pertama. Namun kurang dari 1 bulan saya sudah bisa kembali bekerja di depan komputer. Inilah tips yang bisa saya bagikan untuk membantu para ibu yang baru melahirkan cepat pulih. Berhubung saya melahirkan secara normal, mungkin tips ini kurang tepat bagi ibu yang menjalani sesar.

Pertama, jangan mengangkat bokong ketika melahirkan.

Serius, saya awalnya menganggap itu konyol, akan tetapi karena saya percaya ibu saya dan bidan lebih berpengalaman, maka saya turuti saja untuk mengejan tanpa mengangkat bokong. Alhamdulilah, meski menghabiskan waktu lama, saya tidak mendapat jahitan karena tidak ada luka yang terlalu parah dan itu membuat pemulihan jadi lebih cepat.

24 jam setelah melahirkan, jangan langsung turun dari tempat tidur. 

Saya selesai melahirkan pada jam 03.30 dini hari dan turun dari tempat tidur pada jam 06.00 pagi untuk pergi ke kamar kecil. Saat keluar dari kamar kecil, saya hampir pingsan karena kehabisan tenaga. Saya baru sadar ternyata melahirkan itu benar-benar menghabiskan tenaga, sampai saya harus beristirahat total di tempat tidur. Jadi sebaiknya Bunda-bunda juga jangan terlalu memaksakan diri, tidak apa-apa buang air kecil di tempat tidur daripada harus memaksakan diri. Kalau risih ya Bunda bisa minta pakai diapers hohoho.. :D

Jangan biarkan perut kosong dan jangan sampai tubuh kekurangan cairan.

Tenaga kan perlu diisi ulang, ya Bunda. Silakan makan dan minum sesuka Bunda, lupakan soal berat badan yang penting bisa makan enak dan kenyang. Namun perlu diperhatikan juga makanan yang dikonsumsi harus yang bergizi, kalau makan banyak tapi gizinya kurang, sama halnya dengan gak makan apa-apa.

Oya, makanan bergizi juga berpengaruh ke produksi ASI. Selama 3 hari setelah melahirkan, ASI saya belum keluar lho. Ibu saya spesialis menu makanan, menambah kuantitas buah dan sayuran serta frekuensi makan ditambah jadi 4-5 kali sehari. Bahkan beliau menyediakan 8 gelas berisi air putih di meja agar saya betul-betul banyak minum tanpa disuruh. Hasilnya memang benar ASI saya keluar melimpah. Soal puting kecil, itu bukan masalah yang berarti, sekarang sudah ada pompa ASI ya Bunda. :)

Penting! Minta keluarga untuk bergantian mengurus bayi.

Namanya juga baru melahirkan ya Bunda, pasti butuh banyak berbaring dan belum diperbolehkan banyak bergerak. Kalau anggota keluarga bersedia untuk mengurus bayi secara bergantian, itu akan membuat Bunda cepat pulih karena beban berkurang. Memang sih, rasanya pertama kali punya anak bawaaannya sebentar-sebentar pengen megang bayi. Tapi untuk sementara waktu sebaiknya tahan dulu keinginan tersebut sampai benar-benar pulih. Toh Bunda masih punya quality time saat menyusui, sampai bayi tidur di pangkuan Bunda.

Terakhir:


  • Jangan terlalu lama berdiri dan mengangkat beban berat karena itu akan memicu rasa sakit di vagina.
  • Jaga kebersiahan daerah selangkangan dengan mengganti celana dan pembalut sesering mungkin.
  • Teteskan obat antiseptik bila perlu.

10 komentar:

  1. terimakasih infonya, akan saya sampaikan kepada calon istri saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas semoga cepat menikah dan punya momongan. Dan jika setelah menikah nanti ingin memulai program hamil, kami menyediakan suplemen kesuburan Zeman SX untuk pria serta Nuenat untuk wanita. Semua produk suplemen kami telah direkomendasikan dokter :)

      Hapus
  2. Pada umumnya wanita akan mengangkar bokong saat melahirkan karena ngeden agar bayi cepat keluar. Itu cuma penglihatan sepintas, pengalaman pribadiku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat mengejan pada proses melahirkan mereka cenderung tidak bisa mengendalikan diri dan jika bokong terangkat kepala bayi justru akan sulit keluar. Mungkin pengalaman orang beda-beda ya.

      Hapus
    2. hmmm....perasaan saya kalau ngeden bokong juga agak naik dikit dan kepala sedikit menunduk....

      Hapus
    3. Mungkin kamu lagi bertelur.

      Hapus
  3. Wah pantesan, saya juga habis melahirkan panen daging soalnya kata orang tua harus banyak makan yang enak supaya cepat pulih.

    BalasHapus
  4. makasih info nya, buat pengalaman untuk calon istri hehehe

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas sarannya mba, sngat bermanfaat nih buat saya

    BalasHapus